Bangkinang Kota (Rama News) – Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar H Maswir MA, isi Mimbar Ramadhan di Radio RAMA FM 96,3 MHz, hari ahad (18/04/2021), di Studio Radio RAMA FM, Jalan Dr A Rahman Shaleh, Kecamatan Bangkinang.

 

Dalam ceramah agamanya Abuya Maswir mengangkat tema tentang Keutamaan di Bulan Ramadhan. Yang mana dibulan Ramadhan ini banyak sekali keutamaan-keutamannya, diantaranya Bulan diturunkannya Al-Quran

 

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang istimewa karena di bulan Ramadhan-lah, kitab suci Al-Qur’an diturunkan atau yang disebut dengan Syahrul Qur’an. Diturunkannya Alquran pada bulan Ramadan menjadi bukti bahwa Ramadhan memang menjadi bulan yang istimewa.

 

Hal ini tertulis dalam Surat Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi sebagai berikut. Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (Al-Baqarah ayat 185).

 

Keutamaan selanjutnya dari bulan Ramadhan adalah diampuni segala dosa dan kesalahan yang pernah kita buat. Oleh karena itu, bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk mengambil kesempatan bertaubat. Sebab, pada bulan ini, Allah SWT akan mengampuni segala dosa dan kesalahan jika kita mau berdoa dan memohon kepada-Nya.

 

Keutamaan diampuninya segala dosa dan kesalahan ini tercantum dalam hadits yang terdapat dalam ash-Shahihain dari Abu Hurairah RA, dari Nabi Muhammad SAW yang berbunyi sebagai berikut. Artinya: “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala (dari Allah Subhanahu wa Ta’ala), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

 

Keutamaan bulan Ramadhan berikutnya, Malam Lailatul Qodar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Di bulan Ramadan terdapat malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Yakni pada malam Lailatul Qodar. Pada malam Lailatul Qodar terdapat banyak keberkahan dan penuh kemuliaan. Malam Lailatul Qodar terletak pada hari ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.

 

Oleh karena itu, kita diwajibkan untuk memperbanyak ibadah di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan agar kita mendapat kemuliaan dan keberkahan malam Lailatul Qodar.

 

Keistimewaan malam Lailatul Qodar tertuang pada Surat Al-Qadr ayat 1-3 yang berbunyi sebagai berikut. Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (Al-Qadr ayat 1-3).

 

Masih banyak keutamaan-keutamaan di bulan Ramadhan, tapi karena waktu kita terbatas di sore ini, hanya ini yang bisa kami sampaikan, semoga Ramadhan tahun ini bisa membawa kita menjadi orang-orang yang bertaqwa, pungkas Maswir. (Ags)