Kampar (Rama News) – Berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) ke-77 tahun 2023, dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar. Setidaknya ada 12 kegiatan yang dilaksanakan tahun ini, yang pada acara puncaknya adalah Gerak Jalan Santai Kerukunan, yang diikuti oleh ribuan peserta dan dibanjiri oleh hadiah dan door prize. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar H Fuadi Ahmad SH MAB, didampingi Humas Kemenag Kampar Gustika Rahman SPdI, hari kamis (19/01/2023) diruang kerjanya.

 

Acara gerak jalan sehat kerukunan tersebut dihadiri langsung oleh Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM, Karo Kesra Setda Prov. Riau H Zulkifli Syukur MA MSi, Dandim 0313/KPR Letkol Arh Mulyadi SIP, Ketua Dharmawanita Persatuan, Ny. Fitri Neli, Asisten I Ahmad Yuzar unsur Forkopimda, Pejabat Struktural dan Fungsional, para pimpinan pondok se Kab. Kampar, Tokoh Masyarakat, Tokoh Lintas Agama Perwakilan Perbankan dan sejumlah undangan lainnya serta para siswa/santri di lingkungan kementerian Agama Kab. Kampar.

 

Fuadi mengatakan bahwasanya kegiatan gerak jalan kerukunan ini merupakan penutup dari rangkaian  peringatan hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke 77, dimana sebelumnya telah dilaksanakan berbagai kegiatan atau pertandingan, seperti pertandingan Bola Voly, pertandingan Tenis Meja, Perlombaan Membaca Kitab, Kuning, perlombaan guru Bidang studi, Perlombaan Masak Nasi Goreng, perlombaan KUA terbersih, pemilihan Guru Modis, serta permainan rakyat yang keseluruhannya telah kita laksanakan dengan baik dan lancar.

 

Lebih lanjut Fuadi mengatakan, pada acara gerak jalan sehat kerukunan tersebut kita juga mengadakan   sebuah deklarasi kerukunan   yang akan menghimbau  seluruh masyarakat Kampar  untuk hidup rukun dan damai dan menggalakkan kegiatan moderasi beragama. “Mari kita bersatu padu membangun Kab. Kampar”. Alhamdulillah acara gerak jalan sehat kerukunan ini juga berjalan lancar dan sukses, ungapnya.

 

Sementara itu Bapak Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol MM, pada acara Gerak Jalan Sehat kerukunan tersbeut menyampaikan beberapa pesan tentang pentingnya menjaga kebersamaan, toleransi dan kerukunan umat di Kabupaten Kampar. ” Kerukunan sangat Fluktuatif dan dinamis, oleh sebab itu kerukunan sering menguji kita, gesekan yang mengakibatkan ketidak rukunan masyarakat bisa saja terjadi kapan saja, untuk itu harus kita antisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat di Kabupaten Kampar ini tidak ternodai” ujarnya.

 

Melalui kegiatan gerak jalan sehat kerukunan ini Kasmol juga mengajak seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, ninik mamak bersama Kemenag Kabupaten Kampar untuk dapat bekerja sama sesuai fungsinya masing-masing serta selalu di depan dalam membina dan membangun kerukunan umat beragama di Kabupaten Kampar ini, pungkasnya. (Ags/Ftm)