Riau – Tidak seperti tahun sebelumnya, Biasanya di tahun lalu HAB Kanwil Kemenag Riau diawali dengan kunjungan kegiatan sosial ke panti asuhan. Untuk HAB kali  ini Kanwil Kemenag Riau mencoba merubah agenda rutinnya dalam bentuk kegiatan lain.

"Kita coba rubah agar kita punya perhatian akan seluruh rumah ibadah dengan program gemar berseri", katanya mengawali bincang. Hal itu menurut Kakanwil yang dalam hal ini sebagai inisiator, tak lainsupaya seluruh umat yang ada di Riau dapat mendekatkan diri kepada rumah ibadah.

Sejumlah kegiatan akan dilaksanakan dalam memperingati HAB ke-74 ini, lanjutnya. “Salah satunya yah Gema Berseri ini,  merupakan rangkaian kedua kegiatan HAB usai Dialog Kakanwil di RRI”, terangnya saat ditemui humas, Selasa (31/12/2019).

Tidak hanya aktif menggelar kegiatan gotong royong, Kanwil Kemenag Riau juga aktif menggelar penghijauan di masjid setempat dengan gerakan penanamam lebih dari seribu pohon.

Mahyudin menerangkan, ada 600 pohon yang ditanam hari ini di Pekanbaru. Untuk Kanwil Kemenag Riau sendiri  dilakukan bersama pengurus masjid Dakwah sebagai destinasi Gema Berseri. Penanaman bibit  ini dihadiri oleh para Kabid, Kasubbag, Kasi serta seluruh ASN dilingkup Kanwil Kemenag Riau.

Sedangkan di kabupaten yang ada di  Riau pihak nya mengimbau satker masing masing berkoordinasi dengandinas pertanian pada daerah masing-masing. 

Sedikitnya program ini serentak berlaku pada 1880 rumah ibadah masjid, gereja, pura, kelenteng dan sebagainya hari ini. Ini akan menjadi objek program gemar berseri, lanjutnya.

Dimana masing masing dapat dirincikan sebagai berikut untuk Kanwil 1 masjid, Kankemenag 12 Masjid, KUA 163 Masjid, MIN 470 masjid, MTsN sebanyak 637 masjid, MAN sebanyak 327 masjid, pondok pesantren sebanyak 230 masjid, gereja (Kristen) sebanyak 12 buah, Gereja (Katolik) sebanyak 10, 6 pura, dan 12 buah Vihara, jelasnya.

Dikatakannya Kegiatan Gema Berseri bertujuan selain untuk memperlihatkan bahwa keberadaan Kemenag cukup tinggi kepeduliannya akan kebersihan rumah ibadah, juga supaya ASN lebih dekat lagi dengan rumah ibadah dan jemaahnya.

Melihat antusiasnya seluruh Satker Kemenag, Mahyudin memprediksi penanaman bibit pohon ini bisa mencapai lebih dari yang ditargetkan. 

Tanaman tersebut antara lain pohon kurma, matoa, duku, mangga dan pohon bunga  Tanjung. Kegiatan ini sebagai bentuk program penghijauan yang ada di Riau.

Bibit–bibit tersebut diserahkan kepada pengurus masing masing rumah ibadah.

Ia menilai program ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Riau.

Terakhir tak lupa ia mengucapkan apersiasi dan terima kasih atas kehadiran seluruh pegawai di Masjid Da'wah. Semoga pohon yang kita tanam hari ini dapat dijaga. Dan bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

“Saya sangat berterima kasih atas kehadiran bapak/ibu sekalian karena ini menunjukan rasa semangat dalam menyambut Hari Amal Bakti ke 74, sambutlah HAB ini dengan hati yang tulus, hati yang senang dan hati yang gembira, dan tetap semangat” Tutupnya mengakhiri bincang.(Ags)